Jumat, 23 Mei 2008

Dongeng Kancil

Teman-teman pernah mendengar cerita tentang si Kancil?...binatang yang dijuluki si cerdik, karena memang sangat cerdik dan pandai. Dengan kecerdikannya, Kancil dapat mengatasi semua masalah yang dialami, namun kadang kala si Kancil menjadi sombong dan nakal.


Kancil suka sekali makan mentimun, bila melihat mentimun yang besar pasti dia langsung menyantapnya. Tak jauh dari hutan Alasatwa, tempat tinggalnya, ada kebun mentimun milik Pak Tani. Seringkali Kancil mengambil dan menyantap mentimun-mentimun itu. Pak Tani sangat kesal dengan ulah si Kancil, karena seharusnya mentimun itu siap dipanen namun malah dimakan oleh Kancil. Karena kesal Pak Tani menyiapkan perangkap untuk menangkap Kancil. Kemudian Pak Tani membuat sebuah boneka jerami yang ukurannya sebesar manusia. Untuk menjebak Kancil seluruh badan boneka itu dilumuri oleh Pak Tani dengan getah tanaman yang sangat lengket.


Menjelang sore, ketika hendak mengambil mentimun, Kancil terkejut melihat sosok manusia di kebun itu. Kancil mengamati terus, namun sosok manusia itu diam saja. Karena penasaran Kancil berjalan mendekatinya. Setelah dia amati ternyata sosok itu adalah sebuah boneka. Karena hanya sebuah boneka Kancil berani makin mendekatinya, bahkan menantang dan mengejek sambil menendang boneka itu dengan kakinya. Apa yang terjadi?? ….Kaki Kancil menempel dan tidak bisa dilepaskan. Kancil kesal dan menendang kembali dengan kakinya yang lain. Sekarang semua kaki Kancil menempel pada boneka jerami itu. Sekuat apapun Kancil menariknya tetap tidak bisa dilepas. Kancil sedih sekali, dia mulai menyesali kesombongannya. Tak lama, Pak Tani datang bersama istrinya, dia senang karena berhasil menangkap si Kancil. Tanpa membuang waktu mereka melepaskan Kancil dari boneka itu dan membawanya pulang.

Tidak ada komentar: